Strategi AMD Jualan Produk Hardware di Indonesia

Ahmad Luthfi – Okezone
Selasa, 21 Mei 2013 15:54 wib
AMD (Foto: Dotatalk)
detail berita

JAKARTA - Raksasa prosesor yang berkantor pusat di Sunnyvale, Amerika Serikat, AMD (Advanced Micro Devices) punya strategi untuk mendongkrak angka penjualan produk hardware-nya. Untuk mendongkrak penjualan, perusahaan mengenalkan perangkat kerasnya kepada khalayak melalui berbagai cara.

Seperti yang diungkap Armawati Cen, Marketing Manager Advanced Micro Devices Indonesia saat berkunjung ke redaksi Okezone, Selasa (21/5/2013) mengatakan, perusahaan menginformasikan produknya melalui berbagai pameran. Selain itu, perusahaan juga mencoba merangkul para pecinta AMD di Tanah Air sebagai ‘ambassador’ produk hardware AMD, baik prosesor maupun kartu grafis.

Tidak hanya itu, kampanye produk juga bisa diinformasikan melalui media sosial seperti Facebook serta Twitter. “Kenapa harus AMD? Dengan teknologi Radeon, yang sudah banyak dipakai diberbagai konsol game, termasuk konsol game generasi terbaru (Sony PlayStation 4),” jelasnya.

Ia mengungkapkan, AMD memiliki keunggulan yang lebih baik ketimbang pesaingnya. Khusus di segmen gaming, AMD dinilainya lebih mampu mengunggulkan kemampuan grafis dan juga banderol harga cukup ramah kantung.

“Di pemasaran, saya lihat kuatnya pengguna. Dengan biaya sekian tetapi performanya bagus,” ungkapnya. Ia mengatakan, umumnya para calon pembeli yang ingin memiliki PC atau laptop khusus bermain game, mereka melihat dari sisi kemampuan grafis yang dimiliki jenis perangkat tersebut.

AMD di Indonesia juga memiliki dua distributor resmi yang tersebar di Indonesia. Selain itu, penjualan kartu grafis seri tertentu seperti AMD Radeon HD 78xx, 77xx dengan bundling game dirasa sangat membantu untuk mendongkrak penjualan hardware.

Armawati mengatakan, AMD memiliki lini bisnis seperti komponen hardware untuk Personal Computer (PC) dan produk chip pada notebook. Khusus untuk prosesor notebook, perusahaan akan merilis seri prosesor AMD APU desktop generasi ketiga dengan julukan ‘Richland’.

Lebih lanjut Armawati mengatakan, prosesor ini akan memberikan peningkatan dibanding generasi sebelumnya, Trinity (2012) atau Llano (2011). Akan tetapi, ia masih merahasiakan detail prosesor generasi terbaru dari AMD tersebut. Perusahaan akan mengungkap lebih rinci AMD APU ‘Richland’ pada bulan depan, serta dalam gelaran Computex di Taiwan pada 4 – 8 Juni 2013. (fmh)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s